oleh

KPU Kabupaten Mesuji Lakukan Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara di Desa Gedung Mulya, Tanjung Raya, Mesuji

MESUJI (KD) -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mesuji Lampung melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu tahun 2024 di tempat Pemungutan Suara (TPS) 4 di Desa Gedung Mulya, Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji. Senin (25/12/2023).

Adapun kegiatan simulasi ini dilakukan mulai pukul 07.00 WIB hingga selesai dan bertujuan untuk mengetahui secara langsung suasana saat pemilihan umum pada 14 Februari 2024 mendatang.

Kegiatan simulasi ini dihadiri dan disaksikan langsung oleh, ketua dan anggota KPU Mesuji, Bawaslu Kabupaten Mesuji, Danramil, Kapolres, Kapolsek Tanjung Raya, Kesbangpol, Disdukcapil, Camat Tanjung Raya, Ketua dan Anggota PPK se-Kabupaten Mesuji, Sekretariat PPK Tanjung Raya, Ketua PPS se-Kabupaten Mesuji, Kepala Desa Mukti Karya, Kades Berasan Makmur dan diikuti oleh pesrta simusali panitia dan undagan sebanyak 428 peserta.

Kegiatan ini di buka oleh Ketua KPU Mesuji, Ali Yasir S.T. dan dipimpin langsung oleh Ketua Divisi Teknis Penyelengaraan KPU Kabupaten Mesuji Imani, S.Pd.I.

Ali Yasir, S.T. (Ketua KPU) Kabupaten Mesuji menjelaskan, “Simulasi ini kami lakukan untuk mengetahui berapa lama waktu pemungutan suara juga estimasi waktu pemungutan suara secara riil di lapangan sehingga jika ada kekurangan dapat segera diketahui dan selanjutnya bisa diperbaiki, “ujarnya.

“Simulasi ini riil, artinya dengan jumlah pemilih sebanyak 224 orang dan ini adalah pemilih asli dari TPS 04 dari Desa Gedung Mulya Kecamatan Tanjung Raya, simulasi pemungutan suara ini dibuat secara nyata sesuai kondisi aslinya dan tidak ada yang dibuat-buat. “Ujar ketua KPU Mesuji, Ali Yasir, S.T.

Apristianto, PPK Kecamatan Mesuji Timur menambahkan, “Dalam hal ini kami juga menjelaskan bagaimana cara pencoblosan, surat suara ini kami menggunakan spesimen surat suara yang didalamnya diberi gambar buah-buahan, trus estimasi waktu sementara untuk proses pemungutan suara bagi pemilih yang sudah lanjut usia berkisar 5 menit per orang kemudian yang usia muda butuh waktu 4 menit. Selain itu juga menyampaikan simulasi ini menjadi ajang pembelajaran atau praktik langsung lapangan sekaligus sosialisasi KPU Mesuji kepada masyarakat tentang cara mencoblos yang benar. Dengan pembelajaran lewat simulasi ini kami berharap pelaksanaan pemunguatan suara pada 14 Februari 2024 mendatang bisa sukses, lancar, damai dan aman. “Ujar Baron sapaan apristianto. [Sulton]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *