oleh

Inovasi Cemerlang Awal Tahun Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang Dengan Melaunching Water Monitoring Center

PEMALANG ( KD ) – Launching water monitoring center diawal tahun Perumda air minum tirta mulia diresmikan dengan memotong pita oleh Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat, ST didampingi Setda, Direktur Perumda Tirta Mulia, Anggota Dewan komisi C dan sejumlah pejabat lainnya pada Jumat (5/1/2024).

Perumda air minum tirta mulia kabupaten pemalang meluncurkan water monitoring center untuk memantau aliran air dari sumber mata air hingga ke pelanggan. aliran air nantinya tergantung melalui aplikasi berbasis internet of things ( IOT ) yang dikembangkan secara mandiri.

Direktur utama perumda air minum tirta mulia kabupaten Pemalang Slamet Efendi, S.E., M.M. menerangkan, water monitoring center ini dibangun guna menjadi pusat integrasi data untuk memudahkan pelanggan perumda air minum tirta mulia.

” Jadi water monitoring center ini menjadi sarana kita ( perusahaan ) untuk memantau aliran air dan kebutuhan air serta pelayanan ke pelanggan, ” Jelas Slamet Efendi.

Nantinya data yang ditunjukkan dalam water monitoring center tersebut dapat menjadi pertimbangan perusahaan dan manajemen dalam proses koordinasi, pengambilan keputusan, serta mengontrol seluruh kegiatan bisnis diperumda tirta mulia pemalang.

” Misalnya ketika level air diresevoar drop (turun) itu pastinya ada gangguan pelayanan ke pelanggan juga gangguan, pasti bagian tehnik bisa memutuskan kebijakan apa yang perlu diambil, ” Tutur Slamet Efendi.

Disamping level air tekanan air juga bisa terpantau secara jelas melalui water monitoring center ini, walhasil gangguan pelayanan atau kebocoran pipa bisa diketahui secara dini oleh perumda air minum tirta mulia kabupaten pemalang.

Lebih jauh data yang tersaji dalam water monitoring center sendiri dihasilkan oleh aplikasi berkonsep internet of things (IOT) yang dikembangkan secara mandiri oleh tim IT Perumda air minum tirta mulia kabupaten pemalang.

Manajer IT Perumda air minum tirta mulia kabupaten pemalang Budi Harsudiono mengatakan, IOT ini merupakan tehnologi terbaru dimana konsepnya menggabungkan antara sensor elektronik yang dibutuhkan untuk memantau air dengan koneksi internet.

” Sensor tesebut meliputi sensor tekanan air, level air dan debit air, jadi data dari sensor itu akan otomatis terkirim secara real time melalui jaringan internet ke server kita (Perumda air minum tirta mulia pemalang) , ” Jelas Budi Harsudiono.

Perumda air minum tirta mulia kabupaten Pemalang pun menjadi perumda air minum pertama di provinsi Jawa Tengah yang menggunakan sistem printer berbasis IOT ini dalam memantau aliran air untuk memaksimalkan pelayanan pelanggan. [SIS]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *