oleh

Dampak Curah Hujan Tinggi,Sungai BHL Meluap Berikut Dampaknya

MUBA SUMSEL (KD) – Akibat intensitas curah hujan yang tinggi saat ini semakin meningkat, menyebabkan terjadinya luapan air sungai yang berimbas pada beberapa wilayah di Kabupaten Bumi Serasan Sekate Sekayu Musi Banyuasin Sumatera Selatan.

Akibat dari luapan air sungai yang naik ke daratan dapat menggangu aktifitas masyarakat dan terganggunya,perputaran roda perekonomian serta tidak menutup kemungkinan berpotensi adanya gangguan Kamtibmas dan Kesehatan masyarakat.

Seperti halnya yang terjadi di Dusun III desa Petaling Jaya,Kecamatan Lais,Kabupaten Musi Banyuasin.di desa tersebut,debit air yang menggenangi jalan atau pemukiman warga mencapai ketinggian antara 20 cm hingga 1 meter,Selasa 09/01/2024.

Akibatnya berdampak kepada masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya terganggu yang disebabkan meluapnya air sungai ke pemukiman warga.

Menyikapi hal tersebut,Bhabinkamtibmas Polsek Lais Bripka Ahmad Arif,SH bersama unsur terkait diantaranya; Babinsa,BPBD Muba dan pihak Kecamatan Lais melakukan pemantauan langsung ke lokasi banjir.

Bripka Ahmad Arif dengan didampingi kepala desa Petaling Ifiat,melakukan pemantauan langsung guna untuk memastikan situasi masih dalam kondusif.

” Berdasarkan keterangan dari kepala desa Petaling tersebut yang menjelaskan kepada kami bahwa,banjir yang terjadi ini merupakan banjir musiman pada setiap tahunnya saat musim hujan.hal ini disebabkan karena curah hujan yang tinggi,sehingga air sungai Batanghari Leko (BHL) meluap atau naik ke daratan dan menggenangi desa Petaling khususnya di dusun III desa Petaling ujar Bripka Ahmad Arif.

Ketinggian air dari hari ke hari semakin naik, hingga menggenangi jalan sepanjang 600 meter yang berimbas jalan desa tergenang air luapan air sungai.akibab tergenangnya air tersebut jalan desa tidak bisa dilalui kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

Dampak dari banjir ini,selain mengganggu aktivitas warga juga berpotensi terganggunya kesehatan masyarakat,karena air septic tank warga ikut meluap dan tentu dapat menimbulkan berbagai sumber penyakit pungkas Bhabinkamtibmas Polsek Lais Bripka Ahmad Arif,SH. ( SRT )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *