oleh

Waspada di Musim Hujan! Demam Berdarah Menghantui

Waspada Di Musim Hujan! Demam Berdarah MenghantuiTUBAN (MDN) – Memasuki musim hujan, masyarakat perlu mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan sejumlah penyakit yang mudah menyerang tubuh.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes-P2KB) melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes P2KB Tuban Ratna Sari saat ditemui di ruangannya, Kamis (18/01).

Ratna mengimbau, pencegahan penyakit DBD bisa dilakukan melalui gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSM) dan 3M plus, yaitu menutup, menguras dan mengubur barang-barang bekas, plus mencegah keberadaan sarang nyamuk di sekitar tempat tinggal.

“Saat musim hujan, ada beberapa penyakit yang mudah menyerang tubuh, yakni demam berdarah, flu, batuk, diare, dan penyakit kulit,” terangnya.

Terkait hal itu, masyarakat diminta membudayakan hidup bersih dan sehat sebagai salah satu upaya pencegahan agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

“Salah satunya, memastikan tidak ada genangan air, agar tidak digunakan nyamuk aides aegypti untuk bersarang serta berkembang biak,” tuturnya.

Ratna juga menegaskan, pencegahan DBD harus dilakukan setiap hari dan sedini mungkin. Salah satu cara paling efektif ialah menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Tindakan pencegahan tersebut, lanjut Ratna, berpengaruh terhadap angka kasus DBD di Kabupaten Tuban yang turun drastis. Tercatat pada tahun 2022 lalu terdapat 651 kasus, turun menjadi 203 kasus di 2023.

“Turunnya angka DBD tersebut juga merupakan salah satu upaya dari pemerintah dalam menanggulangi DBD melalui PSM dan 3M plus,” pungkasnya. [R.Wid]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *