oleh

Berpaling dari Jokowi, Grup Band Slank Dukung Ganjar-Mahfud

Kurang dari satu bulan menjelang hari pemungutan suara, calon presiden dan calon wakil presiden dalam pilpres 2024 meningkatkan upaya untuk mendapatkan dukungan dari sejumlah “public figure.” Akankah dukungan itu mampu mendongkrak perolehan suara? 

Slankers, sebutan bagi penggemar grup band Slank langsung meriah menyambut capres dan cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di markas Slank “Gang Potlot”, di Jakarta, Sabtu (20/1).Dengan tegas seluruh personil Slank yang digawangi oleh Kaka, Bimbim, Abdee Negara, Ivanka, serta Ridho mendeklarasikan dukungannya untuk Ganjar dan Mahfud.

“Slank mendukung Ganjar-Mahfud,” kata Bimbim mengawali deklarasi pada sore hari itu.

Pada kontestasi pilpres sebelumnya, grup band yang dikenal dengan lirik lagu soal politik dan sosial ini selalu mendukung Joko Widodo. Namun, pada pesta demokrasi 2024 kali ini, mereka mengalihkan dukungannya untuk Ganjar-Mahfud sebagai wujud konsistensi mereka dalam menjaga demokrasi di tanah air.

“Hari ini saya pribadi senang banget bahwa sampai detik ini kita masih konsisten dari tahun 1998 sampai sekarang kita memperjuangkan demokrasi dan reformasi,” ujar Ivanka.

Pada kesempatan kali ini sang bassist Abdee Negara sampai rela menanggalkan posisinya sebagai Komisaris Independen perusahaan BUMN Telkom agar bisa mendukung capres dan cawapres pilihannya.

“Jadi, biar tidak ada dusta diantara kita, dan untuk menghormati aturan yang ada, nilai-nilai etika jadi per hari Jumat kemarin jam 5 sore saya sudah mengajukan surat pengunduran diri saya sebagai Komisaris Telkom,” ungkap Abdee.

Abdee menjelaskan langkah Slank yang memberikan dukungan kepada Ganjar-Mahfud merupakan bentuk perjuangan dalam menjaga reformasi di republik ini, seperti yang Slank selalu lakukan sejak pemilihan presiden pada 2014 lalu.

“Dari 2014 sampai sekarang kita ingin memastikan yang pertama adalah reformasi harus terus berjalan, kolusi, nepotisme, korupsi harus dihentikan. Terus yang kedua kita harus menjaga demokrasi. Dan menurut kami yang paling tepat untuk menjalankan itu adalah Pak Ganjar dan Pak Mahfud,” jelas Abdee.

Selain itu, deklarasi dukungan kepada Ganjar-Mahfud dilakukan oleh Slank ini, diharapkan akan mendorong keberanian masyarakat untuk berani bagi masa depan Indonesia yang lebih baik lima tahun ke depan.

Slank pun sampai menciptakan lagu untuk mendukung Ganjar-Mahfud, yang dinyanyikan secara khusus pada ajang “Hajatan Rakyat” di Lapangan Tegalega, Bandung, Minggu (21/1).

“Bismillah, jadi sebelum deklarasi ini kita sudah siap-siap lagu. Karena lagu adalah bahasanya Slank melakukan aksi.Ada energi yang mendorong kita semakin yakin. Slank mendeklarasikan bahwa kita dukung Ganjar-Mahfud,” kata Kaka sang vokalis sembari menjelaskan soal lagu yang berjudul ‘Salam Metal’.

Acara yang bertajuk “Hajatan Rakyat” tersebut yang juga merupakan kampanye perdana Ganjar-Mahfud di Jawa Barat, juga dihadiri musisi lainnya yang juga mendukung paslon nomor urut tiga tersebut yakni Bimbo, dan juga dihadiri oleh Megawati Soekarnoputri.

Dukungan Selebriti ke Paslon Nomor Urut 1 dan 2

Sama halnya dengan Ganjar-Mahfud, beberapa selebriti pun secara terang-terangan mendukung paslon nomor urut 1 Anies-Muhaimin dan paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran.

Tommy Kurniawan dan Nafa Urbach bersama penyanyi dangdut senior Iyeth Bustami kompak melabuhkan pilihannya kepada pasangan Anies-Muhaimin. Bahkan Anies pun sempat menyambangi Rhoma Irama untuk berdiskusi dan meminta restu kepada Raja Dangdut tersebut.

Sementara banyak kalangan anak muda yang menyatakan dukungannya kepada paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran, termasuk Raffi Ahmad yang jarang absen dalam acara debat capres, maupun acara yang dihadiri oleh Prabowo.

Musisi seperti Ahmad Dhani, dan Melly Goeslaw pun terang-terangan mendukung Prabowo Gibran. Selain itu ada juga penyanyi Uya Kuya yang getol mengkampanyekan Prabowo-Gibran di akun media sosial dirinya. Pengacara tenar Hotman Paris pun secara gamblang menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran.

Mendongkrak Perolehan Suara

Pengamat politik di Universitas Airlangga (Unair) Airlangga Pribadi mengatakan dukungan publik figur, baik itu tokoh-tokoh masyarakat, artis, termasuk musisi diyakini dapat mendongkrak suara dalam kontestasi pilpres.

“Secara elektoral, peran dari artis itu kemudian memiliki pengaruh juga apalagi kemudian kita lihat bahwa terutama pada fans yang benar-benar fanatik tentunya akan melihat kira-kira publik figur yang mereka cintai itu akan memilih siapa? Itu akan menjadi salah satu bahan pertimbangan (untuk memilih),” ungkap Airlangga.

Merapatnya Slank kepada pasangan Ganjar-Mahfud dinilainya akan memberikan dampak yang cukup besar, apalagi fans based Slank yang lumayan cukup besar dan terkenal setia. Selain itu penggemar dari band tersebut juga berasal dari lintas generasi.

Berdasarkan pengamatannya dukungan Slank sudah terbukti cukup ampuh, yakni cukup berperan memenangkan Jokowi dalam dua pilpres sebelumnya.

“Slank ini setidaknya dalam dua pilpres terakhir adalah bagian musisi yang secara militan mendukung Pak Jokowi sebetulnya. Ini setidaknya merupakan upaya dari Ganjar untuk membangun soliditas dari kekuatan yang mendukung Jokowi untuk masuk ke dalam dukungan terhadap Ganjar-Mahfud,” tuturnya.

Kondisi saat ini, ujar Airlangga sumber pemilih Ganjar-Mahfud seakan berhimpitan dengan pemilih Jokowi pada dua pilpres sebelumnya. Pada kontestasi Pilpres 2024 ini, ia nilai cukup menarik karena adanya pertarungan basis pendukung Jokowi sebelumnya yang kira-kira akan lari kemana, apakah akan memilih Prabowo-Gibran atau Ganjar Mahfud.

“Kalau kita lihat peluangnya, dukungan dari pemilih terhadap Pak Prabowo kelihatannya juga tidak besar-besar amat. Kalau kita melihat, pada Pilpres 2019, pendukung Prabowo sekitar 44 persen, sementara dengan dukungan dengan tanda petik Pak Jokowi melalui Gibran, itu sekarang itu survei dari Prabowo meskipun nomor satu, tapi gak sampai 50 persen. Artinya selama ini meskipun akan bisa dihitung ulang persentasenya, sepertinya ruang bagi pemilih Pak Jokowi sebelumnya itu masih belum optimal dan jauh dari memuaskan yang bergeser ke Pak Prabowo,” pungkasnya.

Dukungan selebriti kepada seorang kandidat capres dan cawapres juga terjadi di berbagai negara salah satunya Amerika Serikat. Pada pemilihan presiden 2020 lalu, sejumlah selebriti itu menyatakan dukungannya kepada Joe Biden termasuk penyanyi Cardi B, dan aktris Alyssa Milano. Tidak ketinggalan mantan pegulat profesional yang kini menjadi aktor terkenal Dwayne “ The Rock” Johnson pun mendukung Joe Biden kala itu.

Kandidat presiden Donald Trump juga dibanjiri dukungan dari sejumlah selebriti. Sebut saja aktor Dennis Quaid, James Woods dan penyanyi yang kerap memainkan music country seperti Jason Aldean.

Beberapa diantara mereka juga tidak hanya memberikan dukungan secara moril semata, tetapi juga menggelontorkan sejumlah dana untuk berkampanye. [Red]#VOA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *