oleh

Bawaslu Ngawi Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak 2024

NGAWI (KD) – Memasuki masa tenang Pemilu tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ngawi, menggelar Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang dan Pemungutan Suara Pemilu Serentak pada Minggu (11/2/2024).

Kegiatan apel siaga pengawasan Pemilu 2024, dipimpin langsung oleh ketua Bawaslu Kabupaten Ngawi Yohanes Pradana Vidya Kusdanarko, SH.

Ketua Bawaslu Kabupaten Ngawi menyampaikan jika apel siaga pengawasan, untuk memastikan kesiapan di jajaran Bawaslu Kabupaten Ngawi dalam menjalankan tugasnya. Tujuannya, agar pelaksanaan 2024 berjalan sukses, aman, damai, serta terlebih agar berlangsung jujur dan adil.

“Apel ini diikuti oleh jajaran pengawas Pemilu, baik pengawas tingkat kecamatan, kelurahan/desa hingga di tempat pemungutan suara (TPS) untuk memastikan kesiapan tugas di semua tingkatan,” tegas Yohanes Pradana Vidya Kusdanarko SH.

Dalam kesempatan tersebut Yohanes Pradana Vidya Kusdanarko, SH juga menjelaskan bahwa peran pengawas pemilu di masa tenang hingga pemungutan suara sangat penting. Terlebih keberadaan pengawas pemilu menjadi sorotan bagi banyak pihak terkait kualitas kontestasi pemilu.

Menurutnya, fokus pengawasan yang kini tengah dijalankan di antaranya pengawasan distribusi logistik pemilu. Pengawas pemilu harus memastikan ketaatan prosedur dari penyelenggara teknis di dalam mendistribusikan logistik yang saat ini bergeser ke kecamatan.

“Ketaatan prosedur itu bisa dilihat dari ketepatan waktu pendistribusian logistik pemilu. Baik ketepatan jumlah, kualitas, jenis hingga ketepatan sasaran. Ini yang harus dipastikan oleh jajaran pengawas pemilu bahwa penyelenggara teknis taat akan hal itu,” jelasnya.

Sementara itu logistik pemilu yang kini sudah distribusikan ke PPK, yakni kotak surat dan logistik pemilu di dalam kotak suara, diantaranya surat suara. [Don]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *