oleh

Jelang Masa Tenang Pemilu, Polres Kediri Pengamanan Penertiban APK

KEDIRI (KD) – Polres Kediri melaksanakan pengamanan penertiban alat peraga kampanye (APK) serta bahan kampanye di masa tenang menjelang Pemilu Tahun 2024.

Penertiban tersebut dilakukan oleh, KPU Kabupaten Kediri, Bawaslu Kabupaten Kediri dan Satpol PP Kabupaten Kediri Kodim 0809 Kediri di seluruh wilayah hukum Polres Kediri, Minggu (11/2/2024) dini hari.

Kegiatan diawali dengan apel persiapan di kantor KPU Kabupaten Kediri, yang dipimpin oleh Ketua Komisioner KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi.

Dirinya menjelaskan bahwa penertiban APK berhubungan dengan dimulainya masa tenang Pemilu 2024 pada 11 hingga 13 Februari 2024. Dimana dilaksanakan berdasarkan UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023.

Ia mengimbau kepada para calon dan pendukung untuk menahan diri dan tidak melakukan kampanye di masa tenang dalam bentuk apapun.

“Mari bersama-sama menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif, baik sebelum, saat pencoblosan hingga perhitungan dan pengumuman calon terpilih nantinya,” terang Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi.

Sementara Wakapolres Kediri Kompol Verawaty Thaib, S.I.K. hadir memimpin berlangsungnya pengamanan tersebut. Ia menjelaskan rute yang dilewati, mulai kantor KPU dan menyisir jalur simpang 3 Katang, dilanjutkan hingga arah monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri.

Selain itu, hadir Kabagops, Kasat Intel, Kasatsamapta dan anggota Satlantas Polres Kediri serta Kapolsek Ngasem dan anggota. Juga sejumlah personel TNI, Dinas Perhubungan, Komisioner KPU, BPBD dan tentunya PLT Satpol PP Kabupaten Kediri juga turut serta.

Wakapolres menekankan bahwa petugas Polri maupun TNI hanya melakukan pengamanan tanpa menyentuh APK apapun yang ditertibkan oleh Satpol PP.

Secara keseluruhan, kegiatan penertiban APK berlangsung lancar, tertib dan kondusif. Adapun penertiban meliputi spanduk, baliho, banner, poster dan sticker para bakal Caleg dan Capres Cawapres.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolres menyampaikan harapannya agar proses demokrasi di Kabupaten Kediri dapat berlangsung dengan aman dan terkendali.

“Kami berharap seluruh masyarakat dapat menjaga kamtibmas selama masa tenang Pemilu ini. Mari bersama-sama menciptakan pesta demokrasi yang damai dan berintegritas,” tambahnya [Red/Yud]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *