oleh

Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik dan Salurkan Bantuan Alsintan Dari Pemkab Pemalang

PEMALANG ( MDN ) – Pemerintah Kabupaten (pemkab) Pemalang menyelenggarakan acara sosialisasi pembuatan pupuk organik di Aula Kantor Dinas Pertanian setempat, Selasa (27/2/2024).

Sosialisasi pembuatan pupuk organik tersebut mendatangkan ahli pertanian yakni Prof. Dr. Maman Nurjaman sebagai narasumber dan diikuti ratusan petani di Pemalang.

Sosialisasi pembuatan pupuk organik sebagai bentuk upaya pemerintah Kabupaten Pemalang mendukung petani sebagai pahlawan pangan. Tak hanya sosialisasi, bantuan pembangunan jalan usaha tani, jaringan irigasi, dan Dam parit. Selain itu juga ada bantuan alat mesin pertanian (Alsintan).

Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Dan Salurkan Bantuan Alsintan Dari Pemkab Pemalang 2

Bupati Pemalang, Mansur Hidayat berharap dengan diadakan sosialisasi pembuatan pupuk organik nantinya seluruh masyarakat beralih dari pupuk Non organik ke organik.

“Semoga bantuan alat pertanian dan jalan usaha tani bermanfaat untuk para petani di Kabupaten Pemalang. Mudah-mudahan di tahun mendatang juga akan ada bantuan-bantuan terkait dengan pertanian, karena kita tahu panjenengan semua para pahlawan pangan Indonesia,” kata Mansur.

“harapannya warga masyarakat sudah beralih ke pupuk organik, minimal kalau ada solusinya kemarin dicampur. Tapi harapannya ke depan beralih ke organik,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pemalang, Prayitno, membeberkan sejumlah bantuan yang diberikan pada tahun 2024 yaitu, Program Penyediaan dan Pengembangan Prasarana Pertanian yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus. Bantuan Penyediaan dan Pengembangan Prasarana Pertanian itu berupa pembangunan Jalan Usaha Tani sebanyak 13 unit.

Jalan tersebut berada di Kecamatan Bantarbolang, Kecamatan Belik, Kecamatan Taman, Kecamatan Ulujami dan Kecamatan Comal dengan masing-masing satu unit. Adapun Kecamatan Bodeh, Kecamatan Moga, Kecamatan Petarukan dan Kecamatan Pulosari masing-masing dua unit jalan.

Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Dan Salurkan Bantuan Alsintan Dari Pemkab Pemalang 3Masih menurut Prayitno, bantuan Penyediaan dan Pengembangan Prasarana Pertanian lainnya berupa Jaringan Irigasi Tersier sejumlah 23 unit.

Lokasinya yaitu di Kecamatan Pulosari dan Kecamatan Pemalang masing-masing satu unit. Kecamatan Bantarbolang, Kecamatan Taman, Kecamatan Ulujami dan Kecamatan Warungpring masing-masing dua unit. Sedangkan Kecamatan Petarukan tiga unit, Kecamatan Comal empat unit, serta Kecamatan Bodeh enam unit.

Bantuan Penyediaan dan Pengembangan Prasarana Pertanian berikutnya adalah Dam Parit sejumlah dua unit. Lokasinya di Kecamatan Bodeh dan Kecamatan Warungpring.

Prayitno melanjutkan, selain Penyediaan dan Pengembangan Prasarana Pertanian, ada juga bantuan Alsintan yang bersumber dari APBN melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian yaitu combine harvester besar sebanyak dua unit.

Penerimanya yaitu Kelompok Tani Tani Makmur Desa Tambakrejo Kecamatan Pemalang, dan Kelompok Tani Sederhana Desa Kelangdepok Kecamatan Bodeh. [SIS]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *