oleh

Isu Dugaan Sengaja Salah Rekap Disoal, Begini Kata Ketua KPU Lamongan

LAMONGAN (MDN) – Adanya isu yang berkembang atas dugaan kesengajaan salah rekap, suara pileg dapil 4 Lamongan , ambisi halalkan segala cara untuk dapat 3 kursi partai tertentu, sebut saja partai X disoal, Jumat 1 Maret 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan Mahrus Ali dikonfirmasi menyampaikan mohon diikuti mekanisme yang telah ditentukan untuk hasil resmi.

“Di mana proses rekap saat ini masih berjalan,” tutur Mahrus disela-sela pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat Kabupaten Lamongan.

Sementara itu Toni Wijaya, Ketua Bawaslu Kabupaten Lamongan saat dimintai keterangan terkait hal tersebut. Toni Wijaya, tak berusaha untuk memberikan penjelasan dan terkesan bungkam saat ditanya awak media.

Terpisah, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Lamongan Ihyauddin Khafid saat ditanya soal tersebut menjelaskan, pihaknya menyerahkan ke saksi saja yang ditunjuk DPC.

“Adanya sanggahan dan lain-lain, ” kata Khafid sapaan Sekretaris DPC PPP Lamongan menjelaskan.

“Semalam kami sudah rapat koordinasi persiapan pleno di tingkat kabupaten ( kemarin, red ). Isu Dugaan Sengaja Salah Rekap Disoal, Begini Kata Ketua Kpu Lamongan 2Kami atas nama DPC PPP Lamongan sudah menunjuk tim atau saksi yang nanti akan masuk di sidang pleno.

Karena aturan bahwa sidang pleno tambah dia, akan dilaksanakan secara terbuka.

“Hanya ada 1 saksi yang diperbolehkan masuk ke dalam ruangan meskipun mandat saksi diperbolehkan 2 orang,” tambah dia.

Lanjut Khafid, pihaknya sudah menyerahkan kepada saksi dan tim yang semalam sudah melakukan rapat kordinasi.

“Doanya nggeh (ya) proses bisa dijalankan sebaik mungkin,” ujar Khafid.

Berdasarkan data yang dihimpun memorandum disway.id, hari pertama rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu tahun 2024 tingkat Kabupaten Lamongan.

Dimulai pada Kamis, 29 Februari 2024, pukul 13.00 WIB hingga selesai ada 7 kecamatan, di antaranya Kecamatan Pucuk, Kecamatan Tikung, Kecamatan Solokuro, Kecamatan Glagah, Kecamatan Sukodadi, Kecamatan Sekaran, dan Kecamatan Maduran.

Hari kedua pada Jumat, 1 Maret 2024 ada 10 kecamatan, di antaranya Kecamatan Babat, Kecamatan Brondong, Kecamatan Kalitengah, Kecamatan Karangbinangun, Kecamatan Karanggeneng, Kecamatan Modo, Kecamatan Ngimbang, Kecamatan Sambeng, Kecamatan Turi, dan Kecamatan Sukorame.

Hari ketiga pada Sabtu, 2 Maret 2024, ada 10 kecamatan, di antaranya Kecamatan Bluluk, Kecamatan Deket, Kecamatan Kembangbau, Kecamatan Lamongan, Kecamatan Mantup, Kecamatan Paciran, Kecamatan Kedungpring, Kecamatan Sarirejo, Kecamatan Sugio serta Kecamatan Laren, yang dihelat di lantai 2 Ballroom Grand Mahkota Lamongan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *