oleh

Bupati Gus Muhdlor : Munculkan Bibit Unggul Sepak Bola Untuk Sidoarjo Melalui Lpi Jenjang SD

SIDOARJO ( KD ) – Liga Pelajar Indonesia (LPI) sepak bola jenjang sekolah dasar (SD) tingkat Kabupaten tahun 2024 merupakan ajang penjaringan atlet sepak bola handal yang dapat memperkuat tim sepak bola di Kabupaten Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan bahwa dengan adanya LPI tingkat Kabupaten diharapkan dapat memunculkan bibit-bibit terbaik cabang olahraga (cabor) sepak bola untuk megharumkan nama Sidoarjo baik tingkat nasional maupun internasional.

“Kalau mau timnas oke, porprov oke, semua harus di mulai sejak dini yaitu dengan mengadakan kompetisi di tingkat sekolah dasar secara konsisten. Dengan cara ini semoga Sidoarjo menjadi Kabupaten penghasil bibit-bibit pemain sepak bola terbaik se-Indonesia,” katanya di sela sambutan pembukaan LPI sepak bola jenjang SD tingkat Kabupaten Tahun 2024 di Stadion Jenggolo Buduran Sidoarjo pada Senin (4/3/2024).

Gus Muhdlor, sapaan akrab Bupati Sidoarjo juga menambahkan melalui sepak bola akan terjaga kerukunan, solidaritas, sportivitas antar sesama atlet.

“Yang terpenting adalah atlet harus benar-benar memahami esensi dari sepak bola itu sendiri, serta menumbuhkan jiwa fair play,” ucapnya.

Gus Muhdlor berharap agar kompetisi tersebut diselenggarakan dengan profesional sehingga kompetisi tersebut mampu mencetak pesebakbola profesional di tingkat lokal maupun nasional.

“Wasitnya harus memimpin pertandingan dengan baik, pemainnya juga begitu. Intinya saya titip jangan rusak mental anak-anak dan membunuh cita-cita dengan segala bentuk kecurangan. Lakukan semua dengan sportif,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Titro Adi mengatakan LPI sepak bola jenjang SD ini merupakan tindaklanjut dari instruksi presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional dan tindaklanjut Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada satuan pendidikan AUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, serta pendidikan non formal dan informal di Kabupaten Sidoarjo.

“LPI tahun ini merupakan LPI yang terakhir karena di tahun 2025 mendatang akan berubah nomenklaturnya menjadi Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang SD dan SMP,” ungkapnya.

Tirto menjelaskan, LPI tahun 2024 ini dilaksanakan pada hari Senin 4 Maret 2024 hingga Jumat 2024 yang diikuti oleh 18 tim yang tersebar dari 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

“Alhamdulillah seluruh kecamatan di Kabupaten Sidoarjo mengirimkan delegasinya yang nantinya akan bertanding dengan system gugur dan akan terpilih juara 1, 2, dan 3 serta juara harapan 1, 2, dan 3,” tuturnya.

Tirto menambahkan, sebelum maju ke LPI tingkat Kabupaten ini, terdapat pertandingan di tingkat Kawedanan menggulirkan pertandingan Pra kompetisi pada tanggal 26 hingga 29 februari 2024.

“Setelah lolos dari pra kompetisi tingkat kawedanan, dilanjutkan dengan LPI tingkat Kabupaten ini,” lanjutnya.

Tirto berharap LPI tingkat Kabupaten ini menjadi bibit unggul yang akan masuk ke GSI jenjang SMP di tingkat Nasional.

“Seperti tahun 2018 lalu, Sidoarjo berhasil menang pada kompetisi GSI jenjang SMP tingkat nasional. Sehingga tahun ini, kami berharap bisa merebut kembali kemenangan tersebut,” tutupnya. [Difo/SKR]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *