oleh

PPDM Intens Lakukan Pendampingan, Pastikan Kecamatan Kerek Bebas Pasung

TUBAN ( KD ) – Selama 2023 Pendamping Penyandang Disabilitas Mental (PPDM) Kecamatan Kerek telah berhasil melakukan bebas pasung terhadap 2 ODGJ di wilayah setempat.

PPDM Kecamatan Kerek, Supriyanto saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, hal itu setelah dirinya melakukan pendekatan dengan pihak keluarga dan mendapat laporan dari warga.

“Ada 2 orang selama 2023, yaitu dari Desa Wolutengah dan Karanglo,” ungkapnya, Kamis, (07/03).

Upaya bebas pasung ini, kata dia, setelah dirinya mendatangi lokasi dan memastikan adanya kedua orang tersebut dalam keadaan terpasung. Kemudian, melakukan pendekatan dan memberikan pemahaman agar hal itu tidak dilakukan.

“Kita edukasi pihak keluarga, bahwa pasung ini adalah pelanggaran, mereka harus dirawat dan disembuhkan,” timpal bapak 1 anak itu.

Sebab, menurutnya, hal itu berdasarkan instruksi dari Bupati Tuban agar wilayah Tuban bebas pasung semua.

“Setelah bebas pasung, mereka kita buatkan identitas termasuk KTP dan KK, sebab sebelumnya mereka tidak memiliki identitas,” kata Supri.

Dan setelah memiliki identitas, pihaknya melakukan pendampingan untuk proses berobat ke RSJ Menur Surabaya, RSUD dr Soetomo dan RSUD dr R Koesma secara gratis berkat bantuan dari pemerintah daerah.

“Setelah mendapatkan pengobatan, alhamdulillah kondisi mereka semakin membaik,” serunya.

Meski begitu, sebagai pendamping dirinya dalam 2 pekan selalu melakukan kontrol dan pengobatan ke RSUD dr. Soetomo Surabaya dan RSUD dr. R Koesma Tuban.

“Untuk 2024 ini kami pastikan wilayah Kerek sudah bebas pasung. Meski begitu, eks pasung ini kita carikan terobosan agar dapat berdaya dan kembali menjadi masyarakat normal seperti lainnya,” imbuh dia.

Dan selama ini, diakuinya pihak-pihak terkait seperti Puskesmas, Pemdes, pihak kecamatan, TNI-Polri dan Dinsos P3A dan PMD Tuban semua ikut membantu dan bersinergi dalam upaya pengawasan dan pendampingan bagi eks pasung tersebut. [R.Wij/Red]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *