oleh

Raih Sertifikat Adipura 2023, Kab. Kediri Berkomitmen Terus Meningkatkan Kualitas Lingkungan Yang Bersih Dan Teduh

KEDIRI (KD) – Pada hari Selasa, 5 Maret 2024 Pemerintah Kabupaten Kediri mendapatkan penghargaan Adipura 2023 berupa Sertifikat Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam acara penganugrahan penghargaan Adipura 2023di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta Pusat.

Program Adipura adalah agenda tahunan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memberikan penghargaan kepada Kab/Kota atas kinerjanya dalam menyelenggarakan pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau dalam mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh, dan berkelanjutan. Diantara bukti komitmen pengelolaan sampah dan RTH adalah dengan tersusunnya Jakstrada (Kebijakan dan Strategi Daerah) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga dan ketersediaan RTH perkotaan.

Klasifikasi Adipura sesuai dengan Permen LHK Nomor P.76/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2019 terbagi menjadi 4 kategori yaitu Kategori Kota Kecil, Kota Sedang, Kota Besar dan Kota Metropolitan. Selama ini Kabupaten Kediri yang direpresentasikan oleh Kota Pare, masuk dalam kategori Kota Kecil. Dalam penilaian Adipura, didahului dengan pemantauan yang dilakukan oleh Tim Pemantaua KLHK dan Tim Pemantau Provinsi pada prasarana dan sarana perkotaan yang berlokasi pada ibukota kabupaten/kota, meliputi: Permukiman, jalan arteri dan kolektor, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, rumah sakit dan/atau puskesmas; hutan kota, taman kota, saluran terbuka, fasilitas Pengelolaan Sampah yang dikelola oleh pemerintah daerah seperti insinerator dan tempat pengolahan sampah terpadu (TPST); fasilitas Pengelolaan Sampah yang dikelola oleh masyarakat antara lain bank sampah, tempat pengolahan sampah dengan prinsip pembatasan timbulan, pendauran ulang, pemanfaatan kembali (TPS 3R), rumah kompos; dan TPA.

Ada 4 jenis penghargaan yang diberikan dalam Program Adipura yakni Anugrah Adipura (Trophy), Sertifikat Adipura dan Piagam Adipura. Prestasi Kabupaten Kediri dalam Adipura Tahun Anggaran 2023 saat ini adalah Sertifikat Adipura bersama 13 Kab/Kota lainnya se-Jawa Timur. Dengan penghargaan ini Pemkab Kediri terus bertekad meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan terutama dalam pengelolaan sampah dan RTH, bersinergi dengan semua stakeholder terutama meningkatkan peran serta masyarakat untuk mewujudkan Kab Kediri yang bersih, teduh dan lingkungan hidup berkelanjutan. [Red/Yud]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *