oleh

Tuban Diguncang Gempa Berkekuatan Mag 6,1

TUBAN ( KD ) – Gempa berkekuatan mag 6,1 pada 22 maret 2024 sekitar pukul 11.22.45 WIB lok:5,74 LS, 112,32 BT (132 km Timur Laut) Tuban-Jatim dengan kedalaman 10 km dirasakan seluruh masyarakat Tuban, pada Jum’at (22/3/2024).

Kepala BMKG Tuban Zem Irianto membenarkan, adanya gempa dengan kekuatan 6,1 magnitudo yang terjadi di perairan Laut Timur Tuban Jawa Timur.

“Informasi mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” ucap Zem Irianto.

Tuban Diguncang Gempa Berkekuatan Mag 6,1 2Lebih lanjut Zem Irianto menyampaikan, gempa bumi terjadi 2 kali susulan, namun yang barusan belum bisa dipastikan wilayahnya dimana, apakah di lokasi yang sama atau tidak.

“Kita cek dulu ya, ini gempa susulan yang barusan juga terasa,” ucap Zem Irianto.

Meski begitu, kata Zem gempa bumi dengan Episenter terletak pada koordinat 5,79° LS ; 112,32° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 126 Km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 10 km tidak berpotensi tsunami.

“Untuk gempa tidak berpotensi tsunami,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu warga Kecamatan Jenu yang sangat dekat dengan laut Pantura, bernama Sri Amah mengaku air di bak kamar mandinya sampai tumpah akibat guncangan yang cukup kuat.

“Parah ini, baru kali ini kerasa banget, air sampai kocar-kacir,” ucap Sri Amah.

Ia yang saat itu sedang tidur siang, juga merasakan kasurnya goyang dan langsung bangun.

“Sempat panik, karena gempa cukup lama sekitar kurang lebih 3 menit,” pungkasnya. [R.Wij/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *