oleh

Masjid Agung di Sidoarjo cocok sebagai salah satu pilihan Wisata Religi Selama Ramadan

SIDOARJO ( KD ) – Mengunjungi ke salah satu wisata religi cocok dilakukan ketika bulan Ramadan. Manfaat dari wisata religi bisa untuk refreshing dan menambah pengetahuan keagamaan untuk kita.
Seperti di Sidoarjo ada beberapa wisata religi yang dapat dikunjungi, yakni masjid, makam, hingga candi.

Terdapat beberapa wisata religi yang di rekomendasi untuk dapat dikunjungi di wilayah Sidoarjo:

1. Masjid Agung Sidoarjo

Wisata religi yang ada di Sidoarjo adalah Masjid Agung Sidoarjo. Lokasinya di Jalan Sultan Agung Nomor 36, Magersari, Sidoarjo, Gajah Timur, Magersari, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo.

Masjid ini dibangun pada 1859 dan diinisiasi oleh bupati Sidoarjo yang menjabat di kala itu.

2. Masjid Jami Al Abror

Salah satu masjid bersejarah di Sidoarjo adalah Masjid Jami Al Abror. Alamatnya berada di Dusun Kauman, Kelurahan Pekauman, Sidoarjo.

Masjid yang dibangun pada 1678 ini, lekat kaitannya dengan sejarah berdirinya Kabupaten Sidoarjo. Selain itu, masjid ini didirikan oleh Kiai Muljadi atau Mbah Muljadi, seorang ulama terkenal.

3. Makam Aulia Ulama Sono

Wisata religi Makam Aulia Sono menjadi kawasan wisata terluas di Sidoarjo. Lokasi wisata ini di Desa Sidokerto, Kecamatan Buduran.

Pada kawasan ini, ada lima makam yang dihormati oleh beberapa warga Sidoarjo. Lima makam ini yaitu Pendiri Pondok Sono, Buduran KH. Muhayyin, Hj. Asfiyah (Istri KH. Muhayyin), KH. Abu Mansur (putra), KH. Zarkasyi (putra), KH. Said (cucu), dan KH. Maksum Cicit.

4. Makam KH Ali Mas’ud

Makam KH Ali Mas’ud atau Mbah Ud berada di Desa Pagerwojo, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Beliau meninggal pada tahun 1979. Semasa hidup, Mbah Ud dikenal sebagai kiai yang unik, nyentrik, dan nyeleneh.

KH Ali Mas’ud merupakan anak dari kiai di Pesantren Sono Sidokerto. Ayahnya bernama Kiai Sa’id bin Zarkasih. Sedangkan ibunya bernama Nyai Hj Fatimah.

5. Makam Mbah Jaelani

Di Sidoarjo ada Makam Mbah Jaelani atau Mbah Karbi yang bisa dikunjungi sebagai wisata religi. Letaknya di Desa Kajeksan, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo.

Mbah Karbi meninggal tahun 1912. Berdasarkan cerita yang beredar, beliau mempunyai karomah yang membuat warga heran ketika masih hidup. Selain itu, beliau juga menjadi tokoh yang menyiarkan agama Islam di Kabupaten Sidoarjo.

6. Makam Dewi Sekardadu

Wisata religi lainnya yang ada di Sidoarjo yaitu Makam Dewi Sekardadu. Makam ini berada di Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Sidoarjo.

Dewi Sekardadu adalah anak dari Prabu Menak Sembuyu, Raja Blambangan di Banyuwangi, abad ke-14. [SKR]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *