oleh

Prabowo akan Kunjungi China Pekan Depan

( KD ) – Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto akan mengunjungi China pekan depan, kata Kementerian Luar Negeri China, Jumat (29/3). Kunjungan Prabowo ke mitra dagang utama Indonesia ini akan menjadi yang pertama sejak dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden.

Atas undangan Presiden Xi Jinping, Prabowo yang akan mulai menjabat pada akhir tahun ini, akan mengunjungi China mulai Minggu hingga Selasa, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying.

Xi pada bulan ini mengucapkan selamat kepada Prabowo, Menteri Pertahanan Indonesia, atas kemenangannya dan mengatakan bahwa ia menganggap hubungan dengan negara kepulauan yang berpenduduk hampir 280 juta jiwa itu “sangat penting”.

China adalah salah satu sumber investasi asing langsung terbesar di Indonesia.

Tahun lalu, Jakarta meresmikan jalur kereta api berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara, sebuah proyek bernilai miliaran dolar yang didukung oleh Beijing.

Perusahaan-perusahaan China telah menggelontorkan miliaran dolar untuk sumber daya alam di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, khususnya sektor nikel.

Pengeluaran China tersebut telah memicu keresahan mengenai gaji dan kondisi kerja di beberapa pabrik pengolahan nikel yang didanai China, seiring dengan upaya Indonesia untuk menjadi pemain utama dalam rantai pasokan kendaraan listrik.  [Red]#VOA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *