oleh

Raih Adipura, Bupati Indramayu, Nina Agustina; Tingkatkan Tata Kelola Lingkungan dari Hulu Hingga Hilir

INDRAMAYU ( KD ) – Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali menganugerahkan penghargaan Adipura hasil penilaian Tahun 2023 kepada Kabupaten Indramayu berupa ‘Sertifikat Adipura’.

Anugerah Adipura dilaksanakan bersamaan dengan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024 di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada Selasa (5/3/2024).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya dalam sambutannya mengatakan, Adipura merupakan program nasional yang telah dilaksanakan sejak tahun 1986 yaitu penghargaan bagi kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Program Adipura bertujuan untuk mendorong kepemimpinan dan komitmen pemerintah kabupaten/kota serta membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk berperan menselaraskan pertumbuhan ekonomi hijau, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunan dengan menerapkan prinsip tata pemerintahan yang baik.

“Adipura ini akan membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyakat untuk berperan menyelaraskan pertumbuhan ekonomi hijau, fungsi sosial dan fungsi ekologis dalam pembangunan dengan menerapkan prinsip tata pemerintahan yang baik untuk mencapai Kota berkelanjutan,” kata Siti Nurbaya.

Sementara itu, Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengatakan, program ini dapat terus diperkaya dengan ragam inovasi sehingga mampu menyesuaikan dinamika zaman serta perubahan arah kebijakan.

Dalam kesempatan tersebut, Ma’ruf Amin menekankan beberapa hal untuk mendorong Pemerintah kabupaten/kota dalam mencapai target nasional seperti target Jakstranas Tahun 2025 dan zero sampah zero emisi padaTahun 2050, yakni pelibatan peran aktif masyarakat, sistem penanganan sampah, dan penyempurnaan program adipura.

“Selamat kepada Kepala Daerah penerima penghargaan Adipura Tahun 2023. Saya harap penghargaan ini tidak menjadi akhir perjuangan saudara,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Indramayu Nina Agustina seusai menerima penghargaan mengatakan, diraihnya Sertifikat Adipura ini sebagai pemantik untuk meningkatkan prestasi terutama dalam tata kelola lingkungan dan kebersihan di Kabupaten Indramayu.

“Adipura ini dipersembahkan untuk masyarakat Indramayu. Mari terus bersama-sama dengan pemerintah daerah berkolaborasi dan bersineri untuk mewujudkan tata kelola lingkungan dan kebersihan yang lebih baik lagi,” kata Nina.

Nina menegaskan, Pemkab Indramayu terus menciptakan pola kerja dan sistem pengelolaan sampah yang terintegrasi dari hulu ke hilir secara berkelanjutan, dengan mempertimbangkan aspek lingkungan hidup, sosial dan ekonomi serta melibatkan peran serta masyarakat.
Turut hadir pada penyerahan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu Aep Surahman, dan Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Edi Umaedi. [Rast]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *